Rumah di Tanah Rempah: Penjelajahan Memaknai Rasa dan Aroma Indonesia

Rumah dan rempah. Dua kata itulah yang menginspirasi Nurdiyansah Dalidjo untuk memulai perjalanan berkeliling Indonesia, mulai dari Aceh hingga Papua. Dari rumah ia pergi dan pada rumah ia pulang kembali. Rumah memberikannya banyak perenungan. Sementara itu, adalah rempah yang membawanya pada suatu memori absurd dan berbagai pertanyaan.

Apa arti rumah? Apa makna Indonesia sebagai “rumah” bersama bagi segala keberagaman? Apa hubungan antara rempah dan sejarah negeri ini?

“Rumah di Tanah Rempah” merupakan rangkaian kisah perjalanan yang mengajak pembaca untuk mengenal Indonesia melampaui lintasan zaman melalui tradisi rempah. Cerita-cerita tak hanya dirangkum dari bermacam literatur, melainkan pula obrolan dengan orang-orang yang ditemui dalam perjalanan sambil mencicip kesedapan rasa serta aroma di kebun rempah, kedai, warung kopi, pasar, dan dapur.

Video “Rumah di Tanah Rempah” dapat ditonton di sini.

Pemesanan dengan tanda tangan penulis dan bonus kartu pos seri “Perjalanan Rempah” (selama persediaan masih ada), dapat pesan melalui WA di +62 812 1675 4812.

_______________________________________________________________________________________________________________________________________

“Buku ini adalah Indonesia yang hidup dari kacamata pengelana kuliner. Demikianlah Indonesia, yang dibentuk oleh ragam interaksi sosial manusia dan alam. Sepatutnya buku ini dibaca kaum muda, agar lebih luwes memandang Indonesia masa lalu dan masa depan.”

Hilmar Farid, Ph.D., Dirjen Kebudayaan RI

“Buku ini memberikan kontribusi yang penting dan bermakna bagi pengetahuan kita tentang rempah-rempah Indonesia. Tulisan Nurdiyansah kaya dengan aroma dan rasa. Ia memiliki bakat besar dalam bercerita. Buku ini berisi tentang beragam informasi sekaligus menghibur.”

Janet DeNeefe, Penulis serta Pendiri dan Direktur Ubud Food Festival

“Dengan bahasa yang populer, Nurdiyansah mencoba mengajak pembaca untuk ikut berkontemplasi…. Saya yakin, buku ini dapat menginspirasi banyak orang yang ingin mengenal kembali wajah Indonesia sejujur-jujurnya. Tak hanya indah, tapi menyimpan cerita kearifan yang ditempa dari berbagai kepahitan dan perjuangan yang memberikan makna mendalam tentang menjadi Indonesia.”

Kumoratih Kushardjanto, Yayasan Negeri Rempah

Buku ini mengantar saya menjelajah Nusantara. Membuka kembali lembaran banyak kenangan tentang Masyarakat Adat, kampung halaman, dan masa kecil.

Rukka Sombolinggi, Sekjen AMAN

“Membaca Rumah di Tanah Rempah ini tak cukup dengan duduk santai sambil lalu. Penuturan penjelajahan Nusantara tentang antah berantah rempah ini sungguh memukau. Alur dan alir katanya luar biasa memikat…. Buku ini sarat dengan riset yang luar biasa: sejarah, kuliner, budaya, dan kekayaan alam Nusantara….”

Aji “Chen” Bromokusumo

Pegiat Budaya Tionghoa & Sekjen ASPERTINA

(Asosiasi Peranakan Tionghoa Indonesia)

“Nurdiyansah adalah penjelajah muda yang ingin menghayati peradaban bangsanya tidak hanya melalui buku dan pelajaran sejarah, tetapi mengalami dan merasakan langsung dari tempatnya bermula. Dalam menemukan kembali jejak-jejak perjalanan rempah beratus tahun silam, ia menemukan bumbu dan masakan yang mengagumkan dan menjadikan manusia Indonesia bahagia. Namun di balik itu, ada juga kisah pahit-getirnya konflik dan intrik kekuasaan.”

Adriana Venny, Komisioner KOMNAS PEREMPUAN 

Judul : Rumah di Tanah Rempah
Penerbit : Gramedia Pustaka Utama (GPU) (2020)
Telepon penerbit : (021) 536 501 10/11
Email : nonfiksi@gramediapublishers.com
Websitea : gpu.id